Monday, July 12, 2010

Apakah "baik" Bisa Menggambarkan Seseorang?

Apa arti kata baik menurut Anda? Siapa itu orang yang baik? Apakah ketika Anda bertanya kepada seorang teman mengenai sifat atau perilaku laki-laki atau perempuan yang kebetulan Anda suka, dan Si Teman memberikan jawaban “Dia orangnya baik”, jawaban itu benar-benar dapat menjawab pertanyaan Anda?; Bisakah jawaban itu benar-benar menggambarkan sifat atau perilaku laki-laki atau perempuan yang sedang menarik perhatian Anda?

Pernah saya berdiskusi mengenai hal ini dengan laki-laki rumit yang bilang saya baik, yang akan selalu saya doakan untuk dapat selalu berbahagia. Saya tanya apa definisi kata baik menurut dia, dia jawab “Menolong orang banyak” (dalam hal ini yang dimaksudkan laki-laki tersebut adalah menolong orang-orang yang kurang mampu dibanding saya) . Lalu bagaimana dengan penemu pensil? Atau pencipta ponsel? Mereka bahkan menolong dunia. Apa yang membedakan mereka dengan kaum dermawan yang turun ke jalanan untuk anak-anak kolong jembatan? Atau para penderma yang gemar wisata ke panti-panti asuhan? Mengapa predikat baik itu lantas lebih diperuntukkan kepada kelompok-kelompok yang saya sebutkan pada urutan ke dua?

Bukankah pada dasarnya kita semua hanya menjalankan sesuatu yang menjadi ketertarikan – atau sebagian orang menyebutnya panggilan – kita masing-masing? Einstein dengan ketertarikannya pada ilmu pengetahuan, Ibu Teresa dengan panggilan sosialnya, dan mereka berdua mampu memberikan dampak positif yang luar biasa bagi lingkungannya, dan pada akhirnya bisa membantu banyak orang.

Mungkin Anda-anda punya definisi yang lain tentang satu kata ini, dan boleh-boleh saja. Saya hanya menjalankan ketertarikan saya pada tulisan dan menulis.

No comments:

Post a Comment