Saturday, July 9, 2011

Passing Through The Gap

HOLA! I'll write in Bahasa this time because my mama gave me a lot of complains since she couldn't understand what i wrote in English.

Ide dari tulisan ini adalah dari guru fisika SMP gw yang baru-baru ini bilang kayak gini ke gw: "Iyalah, orang kayak kamu pasti udah ga mau lagi ngelanjutin sekolah (S2)". Gw: "Loh, kenapa tuh, Pak?" . PG (Pak Guru): "Soalnya sekolahnya udah ngoyo dan bener-bener".

Gw pikir-pikir bener juga ya. Orang yang pinter -i mean bener-bener asli pinter dari sononya, kemungkinan dia bisa punya banyak title lebih besar dibanding orang yang average. Kenapa? Soalnya effort yang dia keluarin buat mencapai suatu prestasi (dalam hal ini di bidang pendidikan) lebih kecil dibanding orang yang lets say lebih bolot. Nah dari sini mulai timbul gap deh. Orang yang kurang pinter ga sadar klo dia kurang pinter, dia nyamain porsi belajarnya sama temen dia yang kebetulan emang asli pinter. Akhirnya si kurang pinter makin tertinggal karena dia putus asa liat si pinter udah terlalu jauh jaraknya. Akhirnya gap nya makin besar, yang pinter makin pinter, yang kurang makin idiot. Berlaku juga untuk "yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin".

Tuhan emang ngasih modal ke manusia beda-beda porsinya, ada yang lebih pinter (dan atau kaya) sama yang kurang. Sekarang gimana caranya kita cari "lebih"-nya kita yang dikasih sama Tuhan. Klo kita emang kurang pinter, ga perlu malu buat mengakuinya, siapa tau kan kita lebih rajin dibanding si lebih pinter. Jangan sampe kita biarin gap itu menganga lebar, ntar ngos-ngosan ngejarnya, kemungkinan putus asanya lebih besar klo gap nya udah terlalu besar.

So, semangat ya semua pelajar Indonesia :D They who can through the difference, will pass the gap.

No comments:

Post a Comment