Friday, August 12, 2011

c a s u a l

Banyak orang ga bisa bedain sesuatu. Ga bisa bedain mana yang bisa di-judge explicitly sebagai "right" or "wrong" dan mana yang more complex than just between right and wrong. Banyak yang ga bisa bedain kritis sama pesimis; bedain iri dan kagum. Boleh ga sih kalo gw bilang ini sebagai penyakit? Soalnya orang yang ga bisa bedain hijau dan kuning dibilang sakit buta warna parsial. Dan ga ada yang bakal bilang itu ga bahaya, soalnya jelas bahaya kalo lo ga bisa bedain warna traffic light, man.
Sama, ga bisa bedain mana masalah yang bisa diselesaiin pake right and wrong method dan mana yang ga bisa juga bahaya.

Bunuh orang itu jelas salah, no matter what the motive would be. Buat kasus ini cuma ada satu exception buat gw, yaitu kalo orang yang lo bunuh berusaha bunuh (dan atau) memperkosa lo atau orang di sekeliling lo. Selebihnya, man, bukan hak lo sama sekali buat matiin kesempatan seseorang buat hidup, even euthanasia -i'm in the con side.

Gimana kalo selingkuh? Denger katanya aja langsung lebih kompleks kan hal-hal yang berseliweran di otak lo? Option-nya bisa jadi lebih banyak; nih:
- Selingkuh karena pasangan yang payah, in so many ways
- Selingkuh karena kitanya yang banyak mau
- Selingkuh karena keadaan
- .......................................
- etc.
It's absolutely on the grey area.

Nah, bahayanya di mana kalo kita ga bisa bedain dua kasus di atas? Kalo lo mentok di only between right or wrong, bakal susah deh buat lo ngeluarin kata 'maaf'. Kalo dulu gw pernah nulis tentang 'how to apologize', sekarang lebih tentang 'how to forgive'. Try to put yourself in other's shoes. Bisa aja istri lo selingkuh karena bener-bener ga dapet your manhood that you should give actually, cause women need that. Terus lo ga mau maafin dia no matter how she'd been apologize to you, walaupun kalo mau diliat lagi sebenernya lo juga menyumbang alasan buat istri lo selingkuh. Man, ada kemungkinan selamanya lo ga bakal happy karena ga maafin orang yang lo sayang. Inget ya, gw bilang ga bakal happy karena lo ga maafin orang yang lo sayang, bukan karena lo ga bisa bareng-bareng atau sayang-sayangan lagi sama istri lo, karena seperti yang selalu gw percaya, we can't put happiness in other's feet. But, simply lo ga bisa seneng karena hati lo ga tenang for not forgiving. And not being happy while you live is a so much danger right, don't you think?

extension: karena gw sempet sebut iri vs kagum, sekalian deh bahas dikit. sebenernya hal-hal negatif tu bisa banget dirubah jadi hal-hal yang lebih positif. kenapa? soalnya, back to the very basic way, sesuatu bisa jadi positif ya karena ada sesuatu yang negatif and vice versa. jadi, coba deh, kalo lo lagi iri sama seseorang (btw, it is a natural thing anyway) ubah sudut pandangnya. coba buat ikhlas dan terima kalo orang itu 'lebih' dari kita. gw ga mau muluk-muluk bilang jadiin orang itu sebagai sesuatu yang memacu lo buat do something more, gw cuma pingin ingetin kalo rasa-rasa yang kayak gitu ga bakal bawa lo kemana-mana, instead, ke-iri-an lo bakal bring you down. jadi ya buat apa?

Cheers!

No comments:

Post a Comment